Responsive

DOWNLOAD LAPORAN RANCANGAN AKTUALISASI LATSAR CPNS GURU 2019

Perhatian : Lihat Tampilan Melalui Dekstop, Laptop, Notebook, PC atau Komputer untuk tampilan yang lebih baik (versi mobile mungkin membuat aturan penulisan tidak nyaman)


LAPORAN AKTUALISASI DAN HABITUASI NILAI-NILAI DASAR ASN

MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK DI SDN NO.21 BATANGLAMPE KEC.PULAU SEMBILAN KAB.SINJAI MELALUI KEGIATAN LITERASI



                                                  Nama : Wahyunita, S.Pd
                                                  NIP : 1993070220192019
                                                  Instansi         : SD Negeri No. 21 Batanglampe
                                                  Jabatan         : Guru Kelas Ahli Pertama
                                                  NDH : 11

Baca Juga : Kumpulan Judul Aktualisasi LATSAR CPNS Semua Profesi Jabatan

PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA
KEMENTERIAN DALAM NEGERI
REGIONAL MAKASSAR

BAB II
DESKRIPSI ORGANISASI

A.     GAMBARAN UMUM ORGANISASI
SD  Negeri 21 Batanglampe adalah salah satu SD Imbas yang berada pada Kecamatan Pulau Sembilan Kab.Sinjai Provinsi. Sulawesi Selatan. SD Negeri NO.21 Batanglampe secara geografis berada pada salah satu daerah terpencil Kabupaten Sinjai yaitu tepatnya di Pulau Batang Lampe yang merupakan salah satu dari sembilan pulau yang ada di kabupaten Sinjai . 

SD Negeri No.21 Batanglampe  berdiri pada tahun 1972  oleh Pemerintah Kab.Sinjai. Dengan luas lahan 1043 m2 dan terdiri dari 6  bangunan  ruang kelas, 1 kantor guru, dan  1 WC.

SD Negeri No.21 Batanglampe  merupakan satu-satunya sekolah dasar yang berada di pulau Batanglampe yang mempunyai masyarakat yang rata-rata mata pencahariannya adalah nelayan dengan tingkat pendidikan yang masih tergolong rendah. Sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi SDN No.21 Batanglampe untuk lebih maju.

SD Negeri No.21 Batanglampe Kac.Pulau Sembilan saat ini di nakhodai oleh bapak TAJUDDIN SAKKA,S.Ag selaku kepala sekolah  sejak tahun 2014 sampai sekarang, dengan membawahi tenaga pendidik dan kependidikan  sebanyak 9 orang dengan perincian : (1) Guru Kelas 6 orang terdiri dari 3 PNS dan 3 NON PNS (2 )  Guru PJOK 1 orang Non PNS (4) Tenaga Perpustakaan 1 orang Non PNS dan  dengan kualifikasi pendidikan SI sebanyak 6 orang terdiri dari 3 PNS dan 3 Non PNS dan SPG 1 orang.

Pada tahun ajaran 2018/2019 SD Negeri No.,21 Batanglampe mempunyai siswa sbb :  36  Laki-laki   orang  dan perempuan 47 orang ,  jumlah total siswa adalah  83 orang.dengan jumlah rombongan belajar  6 kelas. Manajemen yang diterapkan adalah manajemen partisipatif dengan melibatkan guru, komite dan stake holder sekolah,Pembiayaan sekolah bersumber dari bantuan pemerintah berupa BOS.

B.      VISI MISI ORGANISASI

v  Visi

Adapun visi dari SD Negeri 21 Batanglampe Kec.Pulau Sembilan Kab.Sinjai yaitu :

“Terciptanya sekolah ramah anak, unggul dalam prestasi, berkarakter, berakar pada budaya bangsa, berwawasan lingkungan, berdasarkan IMTAQ dan IMTEK”

v  Misi

Adapun visi dari SD Negeri 21 Batanglampe Kec.Pulau Sembilan Kab.Sinjai yaitu :

1.         Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif dan kompetitif.

2.         Mendorong dan membantu siswa untuk mengenali potensi dirinya sehingga dapat dikembangkan secara optimal.

3.         Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah.

4.         Membudayakan kegiatan 7S, yaitu Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun, Semangat, Sepenuh hati pada seluruh warga sekolah.

5.         Menumbuhkan dan melestarikan budaya lokal.

6.         Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut sebagai landasan kearifan lokal dalam bergaul dan bertindak.

7.         Mengembangkan mutu kelembagaan dan manajemen.



BAB IV
CAPAIAN AKTUALISASI

Kegiatan 1
Kegiatan
Konsultasi dengan kepala sekolah
Waktu Pelaksanaan
Senin, 15 Juli – 17 Juli 2019
Tahapan Kegiatan
(Dokumentasi)





Deskripsi Kegiatan
Sebelum memulai kegiatan, pertama-tama saya menyiapkan konsep rancangan berupa catatan kegiatan yang akan dilakukan.,Kegiatan ini saya lakukan dengan teliti serta bersikap terbuka atas rancangan yang diajukan kepada pimpinan (Akuntabilitas) sehingga pimpinan dapat mengerti dan paham terhadap rancangan yang akan saya ajukan. 

 Selanjutnya saya menghadap kepada pimpinan untuk menyampaikan konsep kegiatan yang akan dilakukan. Namun, sebelum menghadap kepada pimpinan pertama-tama saya mengetuk pintu kemudian saya menyampaikan maksud dan tujuan saya, selanjutnya saya meminta arahan atau persetujuan pimpinan dengan bertutur kata yang santun, sopan, ramah (Etika Publik). 

Selanjutnya pimpinan memberikan arahan dan masukan serta persetujuan. Selanjutnya arahan dan masukan itu saya catat dalam sebuah notulen dengan cermat teliti dan penuh tanggungjawab (Akuntabilitas), setelah itu mengulangi apa yang disampaikan oleh pimpinan untuk memastikan bahwa arahan dan masukan itu sudah benar untuk melanjutkan kegiatan ini. 

Persetujuan dari pimpinan ini dibuktikan dengan adanya surat persetujuan yang ditandatangani oleh kepala sekolah agar kegiatan ini bisa terlakasna dengan baik, dan penuh kejelasan

Pelaksanaan kegiatan konsultasi dengan kepala sekolah SDN No.21 Batanglampe yang dilakukan penulis dengan menjelaskan rencana kegiatan literasi dalam rangka meningkatkan minat baca peserta didik di SDN 21 Batanglampe mendapat respon positif dari kepala sekolah.

Output/Hasil
Terlaksananya konsultasi dan mendapatkan arahan serta persetujuan dari pimpinan di buktikan dengan  adanya notulen serta surat dukungan dari pimpinan.
Keterkaitan dengan Substansi Mata Pelajaran

Pada saat menyiapkan konsep rancangan, saya menyiapkannya dengan teliti serta bersikap terbuka atas rancangan yang diajukan kepada kepala sekolah (Akuntabilitas) 

kemudian saya menyampaikan konsep sekaligus meminta arahan atau persetujuan kepala sekolah dengan bertutur kata yang santun,, sopan, dan ramah (Etika Publik). Kemudian mencatat saran atau masukan tersebut dalam notulen secara teliti, cermat dan penuh tanggung jawab (Akuntabilitas).

Konstribusi Terhadap Visi dan Misi Sekolah

Dengan melakukan konsultasi dengan kepala sekolah telah mewujudkan misi organisasi yang  yang ke-4 yaitu Membudayakan kegiatan 7S, yaitu Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun, Semangat, Sepenuh hati pada seluruh warga sekolah untuk mencapai visi Terciptanya sekolah ramah anak, unggul dalam prestasi, berkarakter, berakar pada budaya bangsa, berwawasan lingkungan, berdasarkan IMTAQ dan IMTEK.


Selain itu, dengan terlaksananya konsultasi dengan atasan dapat mewujudkan misi ke-7 organisasi yaitu mengembangkan mutu kelembagaan dan manajemen  untuk mencapai visi Terciptanya sekolah ramah anak, unggul dalam prestasi, berkarakter, berakar pada budaya bangsa, berwawasan lingkungan, berdasarkan IMTAQ dan IMTEK.
Penguatan Nilai Organisasi
ketika saya melakukan kegiatan konsultasi dengan kepala sekolah maka saya telah melakukan penguatan terhadap nilai organisasi  yaitu bersahabat dan komunikatif. Rancangan kegiatan itu disampaiakn dengan menggunakan bahasa yang santun, sopan dan ramah.

Analisis Dampak
Dalam kegiatan konsultasi yang dilakukan penulis kepada pimpinan, memiliki dampak positif diantaranya yaitu penulis dapat menyampaikan gagasannya dengan baik, penulis mendapatkan pembelajaran tentang koordinasi yang baik dalam pemerintahan serta dapat menjadi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas dalam bersikap dan berperilaku dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab di lingkungan organisasi.

Namun, jika kegiatan ini tidak dilaksanakan dengan menerapkan nilai-nilai dasar ASN yaitu Akuntabilitas dan Etika Publik. maka kegiatan ini tidak akan terlaksana dengan baik, dan bisa saja memberikan dampak yang kurang  baik pula misalnya pimpinan bisa saja akan tersinggung dengan apa yang kita sampaikan. 

Adapun keterkaitan dengan substansi mata pelatihan yaitu nilai-nilai ANEKA yang harus dimiliki oleh setiap ASN dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya yaitu :

ü  Akuntabilitas : sebelum menghadap kepada pimpinan hal yang pertama dilakukan yaitu menyiapkan konsep rancangan dengan teliti serta bersikap terbuka terhadap rancangan tersebut. Dan apabila nilai akuntabilitas ini tidak dilaksanakan maka penulis bisa saja saat berkonsultasi akan kebingungan menyampaikan hal apa yang akan dilakukannya dan pimpinan tidak akan paham terhadap apa yang akan kita sampaikan.

ü  Etika Publik : Jika menghadap kepada pimpinan (Kepala Sekolah) tidak menerapkan sikap sopan, ramah, dan tutur kata yang santun, maka akan mendapat respon kurang baik misalnya pimpinan akan tersinggung sehingga pimpinan tidak akan memberikan dukungan atas kegiatan yang akan dilakukan.

Kegiatan 2
Kegiatan
Membuat Pojok Baca
Waktu Pelaksanaan
18 Juli – 27 Juli 2019
Tahapan Kegiatan (Dokumentasi)

Deskripsi Kegiatan
Dalam pembuatan pojok baca, hal yang utama yang harus dilakukan adalah membuat desain pojok baca yang kreatif dan inovatif (Komitmen Mutu). 

Desain Kegiatan ini dilakukan agar mampu menarik minat baca siswa. Kemudian hasil desain tersebut dicetak supaya desain tersebut jelas dan memudahkan penulis dalam desain. Kemudian menyiapkan ruangan kelas, buku literatur, gambar atau media, karpet, meja kecil serta bahan dan alat yang akan digunakan untuk membuat rak buku. 

Kelas yang saya gunakan adalah ruang kelas 2 dan rak buku yang saya gunakan adalah rak buku dari barang bekas yang ramah lingkungan yaitu bambu. Persiapan sarana, prasarana, serta alat dan bahan ini saya lakukan dengan cermat dan teliti (Akuntabilitas)

alat dan bahan berupa Rak bambu, media atau gambar serta buku literatur saya tata dengan rapi di pojok kelas. Rak buku di pasang di dinding, selanjutnya media atau gambar di tempel dan dihias dengan rapi dan semenarik mungkin, selanjutnya buku literatur ditata pada rak buku (Komitmen Mutu). 

Selanjutnya memasang karpet dan meja kecil di pojok baca. Setelah pojok baca terbentuk, sebelum pelajaran di mulai guru ).. selanjutnya mendampingi siswa membaca di pojok baca selama 15 menit sebelum pelajaran dimulai. 

Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab guru dalam kegiatan tersebut serta menjaga kedisiplinan siswa sebelum belajar dimulai. kemudian siswa membuat ringkasan bacaan atau intisari bacaan yang telah di baca kemudian guru menanyakan mengenai bacaan yang telah dibaca dengan penuh tanggung jawab (Akuntabilitas).

Output/Hasil
terbentuknya pojok baca dalam ruang kelas

Keterkaitan dengan Substansi Mata Pelajaran
Saya mendesain pojok baca dengan kreatif dan inovatif kemudian mencetak hasil desain tersebut (Komitmen Mutu) agar memudahkan penulis dalam proses desain

Kemudian Saya menyiapkan ruang kelas, buku literatur, gambar atau media, karpet, meja kecil serta bahan dan alat yang akan digunakan untuk membuat rak buku dengan cermat dan teliti (Akuntabilitas).

selanjutnya mendampingi siswa membaca di pojok baca selama 15 menit sebelum pelajaran dimulai. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab guru dalam kegiatan tersebut serta menjaga kedisiplinan siswa sebelum belajar dimulai. 

 kemudian siswa membuat ringkasan bacaan atau intisari bacaan yang telah di baca kemudian guru menanyakan mengenai bacaan yang telah dibaca dengan penuh tanggung jawab (Akuntabilitas).

Konstribusi Terhadap Visi dan Misi Sekolah
Dengan terbentuknya pojok baca dalam kelas maka akan mewujudkan misi ke-1  organisasi  yaitu melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif

Dengan terbentuknya pojok baca dalam kelas maka akan mewujudkan misi  ke-3  organisasi  menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah.

untuk mencapai visi Terciptanya sekolah ramah anak, unggul dalam prestasi, berkarakter, berakar pada budaya bangsa, berwawasan lingkungan, berdasarkan IMTAQ dan IMTEK.

Penguatan Nilai Organisasi
Ketika saya melakukan kegiatan yaitu membuat pojok baca maka saya telah melakukan penguatan nilai organisasi yaitu efektif, efisien, kreativ dan inovatif

Analisis
Dampak
Jika kegiatan ini tidak dilaksanakan dengan menerapkan nilai ANEKA ASN yaitu komitmen Mutu, Akuntabilitas, maka kegiatan ini tidak bisa terlaksana dengan baik dan berdampak negatif bagi instansi . berikut penjelasan mengenai nilai ANEKA tersebut apabila tidak diterapkan :

ü  Akuntabilitas : sebelum memulai kegiatan hal pertama yang dilakukan yaitu  menyiapkan sarana, prasarana serta bahan dan alat yang akan digunakan dengan cermat dan teliti sehingga kegiatan terlaksana dengan baik. Apabila nilai akuntabilitas ini tidak terlaksana dengan baik maka akan berdampak pada penulis akan mengalami kesulitan saat membuat pojok baca.

ü  Komitmen Mutu : melakukan kegiatan ini dengan kreatif dan inovatif agar mampu merangsang minat siswa untuk gemar membaca. Apabila nilai komitmen mutu ini tidak dilaksanakan maka kegiatan pojok baca ini tidak bisa terbentuk dengan baik dan menarik.


Kegiayan 3
Kegiatan
Melakukan kunjungan di Perpustakaan
Waktu Pelaksanaan
29 Juli -3 Agustus 2019
Tahapan Kegiatan (Dokumentasi)




Deskripsi Kegiatan
Saat melakukan kegiatan ini, penulis mensosialisasikan kepada guru/wali kelas dengan bersifat terbuka terhadap kegiatan yang akan dilakukan (Akuntabilitas). 

penulis memberikan pemahaman kepada guru kelas tentang pentingnya melakukan kegiatan tersebut, dimana guru kelas diminta untuk ikut serta dalam berpartisipasi mendampingi kegaiatan tersebut. 

 Selanjutnya meminta izin kepada petugas perpustakaan dengan bersikap ramah dan sopan (Etika Publik) agar kegiatan yang akan dilakukan mendapat respon positif dari petugas perpustakaan. 

Selanjutnya, membuat jadwal kunjungan dan daftar hadir agar kegiatan ini bisa terlaksana secara efektif dan efisien (Komitmen Mutu). 

Selanjutnya mengawasi dan mendampingi kegiatan yang dilakukan oleh siswa. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab atas kegiatan yang dilakukan (Akuntabilitas)

.Output/Hasil
Terlaksananya kunjungan ke perpustakaan sekolah

Keterkaitan dengan Substansi Mata Pelajaran
Pada saat saya, mensosialisasikan kepada wali kelas saya menyampaikannya dengan bersikap  terbuka terhadap kegiatan yang akan dilakukan dan mendampingi kegiatan yang dilakukan oleh siswa dengan penuh tanggung jawab (Akuntabilitas)

 Selanjutnya meminta izin kepada petugas perpustakaan dengan bersikap ramah dan sopan (Etika Publik). 

kemudian saya membuat jadwal kunjungan dan daftar hadir yang efektif dan efisien (Komitmen Mutu) .

Konstribusi Terhadap Visi dan Misi Sekolah
Dengan terlaksananya kunjungan ke perpustakaan akan mewujudkan misi ke-1 organisasi yaitu melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif dan dan kompetitif

untuk mencapai visi Terciptanya sekolah ramah anak, unggul dalam prestasi, berkarakter, berakar pada budaya bangsa, berwawasan lingkungan, berdasarkan IMTAQ dan IMTEK.

Penguatan Nilai Organisasi
Ketika saya melakukan kegiatan yaitu melakukan kunjungan ke perpustakaan sekolah maka saya telah melakukan penguatan terhadap nilai organisasi yaitu rasa ingin tahu dan Gemar Membaca.

Analisis Dampak
Pada kegiatan kunjungan ke perpustakaan ini, terdapat beberapa nilai yang terkait yakni Akuntabilitas, Etika Publik, dan Komitmen mutu.

ü  Akuntabilitas : jika penulis tidak menyampaikan kegiatan ini secara terbuka serta tidak melaksanakan kegiatan ini dengan penuh tanggung jawab maka kegiatan ini tidak bisa terlaksan dengan baik karena kurangnya dukungan dari guru maupun petufgas perpustakaan.

ü  Etika Publik : jika penulis meminta izin kepada petugas berpustakaan dengan tidak bersikap ramah, sopan dan santun maka penulis mungkin saja akan mengalami kendala akibat kurangnya respon dari petugas. Oleh karena itu, kita harus menjaga etika dalam bergaul dengan sesama.

ü  Komitmen mutu : jika penulis tidak membuat jadwal secara efektif dan efisien, kegiatan ini tidak akan berhasil dengan baik. Karena siswa akan merasa bingung tanpa adanya jadwal yang jelas.

Download BAB IV

Demikianlah artikel yang membahas DOWNLOAD LAPORAN RANCANGAN AKTUALISASI LATSAR GURU 2019, semoga bermanfaat

Download juga File lainnya !

BAB V
Matriks Kegiatan
Mentor

Power Point (Hubungi Admin) atau melalui kolom komentar !

Baca Juga : Download Laporan Aktualisasi LATSAR Forjab Guru Kelas

Tersedia juga file Power Point untuk presentasi, silakan hubungi admin, atau meninggalkan komentar ! Terima kasih

31 Komentar untuk "DOWNLOAD LAPORAN RANCANGAN AKTUALISASI LATSAR CPNS GURU 2019"

  1. artikel bagus sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. Artikel nya keren, kebetulan mau aktualisasi juga. Boleh mintak powerpoint nya? Makasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih... Nanti PPt di krm via WA

      Hapus
  3. Assalamualaikum, kak minta file power pointnya ya

    BalasHapus
  4. minta tolong powerpoint nya donk

    BalasHapus
  5. minta powerpoint nya trima kasih

    BalasHapus
  6. Izin, boleh minta file powerpoint nya pak?

    BalasHapus
  7. Boleh minta slide pptnya?
    Bua referensi.

    BalasHapus
  8. artikel yang bermanfaat, bagi power point nya min,

    BalasHapus
  9. Artikel nya keren, kebetulan mau aktualisasi juga. Boleh mintak powerpoint nya? Makasih kak

    BalasHapus
  10. Izin minta powerpoint nya buat referensi laporan aktualisasi

    BalasHapus
  11. Artikelnya sangat membantu sekali, terima kasih.....

    bisa minta powerpointnya ga?

    BalasHapus
  12. boleh minta powerpoinnya mau jadikan bahan referensi untuk ujian hari senin

    BalasHapus
  13. terimakasih. sangat membuka wawasan dlm membuat rancangan aktualisasi latsar

    BalasHapus
  14. Artikel aktualisasinya sgt bagus mbak..boleh gak mintak PPT nya ?

    BalasHapus
  15. ada tidak contoh aktualisasi mengaji untuk meningkatkan pemahaman pembelajaran agama islam di sekolah

    BalasHapus

Beri kami masukan untuk memperbaiki kekurangan !!! Atau Hubungi Admin jika ada yang ingin dipertanyakan 085 343 554 857

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel