Responsive

Memahami Organ-Organ Peredaran Darah Burung dan Katak


Selain manusia, ternyata hewan juga memiliki sistem peredaran darah lohh. Fungsi darah yang mengalir akan mengangkut nutrisi ke seluruh organ tubuh dan juga mengangkut sisa metabolisme dari berbagai aktivitas di dalam tubuh. Pada dasarnya, sistem peredaran darah hewan, terutama hewan vertebrata sama seperti manusia. Nah kali ini admin akan memberikan ilmu tentang Organ-Organ Peredaran Darah Burung ( Aves ) dan Katak (Amfibi).

Eittssss tapi sebelumnya sudah tau kan apa itu sistem peredaran darah? dan apa saja organ peredaran darah manusia? Jika belum tau admin sudah menjelaskannya di artikel Sistem Peredaran Darah Manusia beserta Gangguannya.

Jika Sudah tau sistem peredaran darah dan apa saja organ peredaran darah manusia, silahkan lanjut bacanya agar kita dapat membandingkan apa sih perbedaan  dan persamaan organ peredaran darah manusia dengan organ peredaran darah burung.

Foto : Wikimedia.com

Organ Peredaran Darah Burung ( Aves )


1. Jantung

Sama seperti manusia, Burung juga memiliki Jantung dalam sistem peredaran darah mereka. Jantung pada burung pun hampir sama fungsi yaitu untuk memompa darah agar darah beredar ke seluruh tubuh. Jantung pada burung pun memiliki empat ruangan, yaitu:


  1. Serambi kanan yang berfungsi untuk menerima darah kotor yang mengandung karbon dioksida dari seluruh tubuh
  2. Serambi kiri yang berfungsi untuk menerima darah bersih yang mengandung oksigen dari paru paru
  3. Bilik kanan yang berfungsi untuk memompa darah kotor yang mengandung karbon dioksida ke paru paru
  4. Bilik kiri yang berfungsi untuk memompa darah yang mengandung oksigen atau darah bersih ke seluruh tubuh.

2. Pembuluh Darah

Burung juga memiliki pembuluh darah dalam sistem peredaran darahnya. Pembuluh darah ini berfungsi untuk mengalirkan darah dari jantung. Pada burung pun terdapat 5 jenis pembuluh darah yang terdiri dari :


  1. Arteri, Pembuluh darah ini berfungsi membawa darah bersih yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh.
  2. Arteri Pulmonalis, Pembuluh darah ini berfungsi membawa darah kotor mengandung karbon dioksida ke paru paru
  3. Vena, Pembuluh darah ini berfungsi membawa darah kotor yang mengandung karbon dioksida dari seluruh tubuh untuk kembali ke jantung.
  4. Vena Pulmonalis, Pembuluh darah ini berfungsi membawa darah bersih yang mengandung oksigen dari paru paru ke jantung.
  5. Pembuluh Kapiler, Pembuluh darah ini merupakan penghubung antara cabang pembuluh nadi dengan pembuluh balik.

3. Paru-Paru

Sama juga seperti manusia, Burung juga memiliki sepasang paru-paru. Fungsi paru-paru pada burung pun sama seperti manusia yaitu untuk pertukaran udara antara karbon dioksida dengan oksigen, akan tetapi paru-paru burung ada sedikit perbedaan dengan paru-paru manusia yaitu paru-paru burung memiliki tambahan 9 kantong udara yang digunakan saat dia terbang.

Organ Peredaran Darah Katak ( Amfibi )

Foto : Pixabay.com

Di dalam katak hanya memiliki 1 organ saja yaitu jantung dan jantung ini memiliki 3 ruangan, arteri dan vena. Pada jantung katak terdapat sinus venosus.

1. Jantung

Sama seperti burung, Katak juga memiliki jantung. Jantung tersebut memiliki 3 ruangan yaitu 1 serambi kanan, 1 serambi kiri dan 1 bilik.


  1. Serambi kanan berfungsi menerima darah yang kaya akan akrbon dioksida yang berasal dari seluruh tubuh.
  2. Serambi kiri berfungsi menerima darah yang mengandung oksigen atau darah bersih yang berasal paru paru-paru dan kulit.
  3. Bilik berfungsi untuk memompa darah kaya akan oksigen ke sekuruh tubuh serta memompa darah kaya akan karbon dioksida ke paru-paru dan kulit melalui aorta yang bercabang 3 yaitu menuju ke kepala, ke badan dan ke paru-paru serta kulit.

Sinus venosus berfungsi untuk menerima darah yang mengandung karbondioksida atau darah kotor dari seluruh tubuh untuk kemudian dialirkan ke serambi kanan.

Di sisi lain Sinus venosus pada jantung katak ini juga berfungsi untuk menerima darah dari seluruh tubuh. Darah yang mengandung karbon dioksida atau darah kotor dari seluruh tubuh akan dialirkan oleh pembuluh darah vena menuju ke jantung bagian serambi kanan.

Sistem Peredaran Darah Katak ( Amfibi )


Sistem peredaran darah katak tersusun atas peredaran darah pulmokutaneus dan peredaran darah sistemik.

1. Pulmokutaneus circuit 

Sistem ini mengarah ke jaringan pertukaran gas,baik dalam paru-paru dan kulit pada katak, dimana darah akan mengambil oksigen sembari mengalir melalui kapiler. Darah yang mengandung oksigen atau darah bersih kembali ke atrium kiri jantung, dan kemudian sebagian besar di antaranya dipompakan ke dalam sirkuit sistematik.

2. Sirkuit sistemik atau systemic circuit 

Sistem ini membawa darah yang mengandung oksigen atau darah bersih ke seluruh organ tubuh dan kemudian mengembalikan darah yang miskin oksigen ke atrium kanan melalui vena.

Skema tersebut disebut juga sebagai sirkulasi ganda atau double circulation yang akan menjamin aliran darah yang keluar ke otot, otak, dan organ-organ lainnya, karena darah itu dipompa untuk kedua kalinya setelah kehilangan tekanan dalam hamparan kapiler pada paru-paru atau kulit katak.

Demikian lah artikel yang dapat saya buat tentang Memahami Organ-Organ Peredaran Darah Burung dan Katak. semoga artikel yang saya buat ini bermanfaat dan menambah ilmu bagi yang membacanya

Terimakasih...

Belum ada Komentar untuk "Memahami Organ-Organ Peredaran Darah Burung dan Katak"

Posting Komentar

Beri kami masukan untuk memperbaiki kekurangan !!! Atau Hubungi Admin jika ada yang ingin dipertanyakan 085 343 554 857

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel